MODEL PEMBELAJARAN
TAKE AND GIVE
A. Pengertian Model Pembelajaran Take and Give
Model Pembelajaran mendapatkan dan memberi (Take and Give) merupakan model pembelajaran yang memiliki sintaks, menuntut siswa bisa memahami materi pelajaran yang diberikan guru dan sahabat sebayanya (siswa lain).
Kelebihan :
· Siswa akan lebih cepat memahami penguasaan materi dan berita alasannya yaitu mendapatkan berita dari guru dan siswa yang lain.
· Dapat menghemat waktu dalam pemahaman dan penguasaan siswa akan informasi.
Kelemahan:
· Bila berita yang disampaikan siswa kurang sempurna (salah) maka berita yang diterima siswa lain pun akan kurang tepat.
B. Media Model Pembelajaran Take and Give
a) Siapkan Kartu dengan ukuran 10 x 15 cm untuk sejumlah siswa.
b) Setiap kartu berisi nama siswa, materi berguru (sub materi) dan nama yang diberi informasi, kompetensi dan sajian materi.
- Contoh Kartu :
NAMA SISWA :
SUB MATERI :
NAMA YANG DIBERI :
1.
2.
3. dst.
C. Langkah-langkah Umum
1. Guru menyiapkan kelas sebagaimana mestinya.
2. Guru menjelaskan materi sesuai kompetensi yang sudah direncanakan selama 45 menit.
3. Untuk memantapkan penguasaan siswa akan materi yang sudah dijelaskan, setiap siswa diberikan satu kartu untuk dipelajari (dihapal) selama 5 menit.
4. Kemudian guru meminta semua siswa bangkit dan mencari sahabat pasangan untuk saling menginformasikan materi yang telah diterimanya. Tiap siswa harus mencatat nama sahabat pasangannya pada kartu yang sudah diberikan.
5. Demikian seterusnya hingga semua siswa dapat saling memberi dan mendapatkan materi masing-masing (take and give).
6. Guru mengevaluasi keberhasilan model pembelajaran take and give dengan menawarkan siswa pertanyaan yang tidak sesuai dengan kartunya (kartu orang lain).
7. Guru dan siswa membuat kesimpulan bersama mengenai materi pelajaran.
8. Guru menutup pelajaran.
D. Materi Pembelajaran IPA yang Sesuai untuk Model Pembelajaran Take and Give
1. Materi Pelajaran IPA kelas 5
· Bab I Alat Pernafasan
Sub Materi : Alat pernafasan pada manusia
· Bab II Pencernaan Makanan Pada Manusia
Sub Materi : Alat pencernaan pada manusia
· Bab V Penyesuaian Diri Makhluk Hidup terhadap Lingkungannya.
Sub Materi : Cara hewan beradaptasi dengan lingkungannya.
2. Materi Pelajaran IPA kelas 6
· Bab 1 Ciri Khusus Makhluk Hidup
Sub Materi : ciri khusus hewan terhadap lingkungannya.
· Bab 4 Keseimbangan Ekosistem
Sub Materi : acara insan yang dapat mensugesti keseimbangan ekosistem.
· Bab 11 Energi dalam kehidupan Sehari-hari
Sub Materi : guna energi listrik dalam rumah tangga
E. Alasan Pemilihan Materi yang Sesuai
Pemilihan materi yang sesuai untuk model pembelajaran take and give yaitu materi yang mengandung berita yang singkat, terperinci dan padat. Hal ini dikarenakan model pembelajaran ini lebih menekankan pada unsur ingatan dengan materi yang ringan dan mudah serta membutuhkan pemahaman yang cepat. Pembelajaran model ini pun tidak memerlukan pemahaman materi dengan teknik pelajaran praktek maupun diskusi.