- Bidan sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan di masyarakat siap mendukung keberhasilan pencapaian jadwal prioritas pemerintah termasuk jadwal KB, dengan mengacu pada ketentuan dan standar yang berlaku untuk menjaga kualitas pelayanan.
- Dalam upaya meningkatkan capaian jadwal KB, Bidan siap melaksanakan konseling kepada para calon penerima dengan menyiapkan banyak sekali pilihan metode kontrasepsi atau dengan system cafeteria
- Bidan siap memperluas susukan pelayanan melalui kunjungan lapangan untuk melayani kelompok unmet need
- Bidan berkomitmen untuk menunjukkan pelayanan kesehatan ibu dan anak termasuk KB dan pelayanan kesehatan masyarakat sesuai standar
- Bidan akan melaksanakan referensi kasus komplikasi pelayanan KB dengan cepat dan tepat
- Dalam pemantapan pelayanan KB, Bidan berupaya meningkatkan penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang
- Untuk melaksanakan banyak sekali tugas tersebut diatas, Bidan perlu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya mulai dari pendidikan kebidanan/pre service training, maupun pendidikan berkelanjutan/Continuing Professional Development melalui banyak sekali aktivitas seminar, workshop, pelatihan, dll
- Bidan konsisten dengan moto “Ada Bidan ada KB, ada KB ada Bidan”
Jakarta, 30 September 2014
Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia Dr. Emi Nurjasmi, M.Kes
Sumber
http://www.ibi.or.id/id/article_view/D20150203002/surat-edaran-pemberian-makan-pada-bayi-dan-anak-dalam-keadaan-bencana.htmlr