Iklan Infeed Image Above

LATAR BELAKANG MASALAH PENELITIAN



Pembahasan dalam latar belakang problem ini bermaksud menjelaskan mengapa problem yang di teliti itu timbul dan penting di lihat dari segi profesi peneliti, pengembangan ilmu dan kepentingan tertentu. Dalam latar belakang sebaiknya diungkapkan gejala-gejala kesenjangan yang terdapat di lapangan sebagai dasar pedoman untuk memunculkan permasalahan, ada baiknya di utarakan kerugian-kerugian apa yang bakal di derita apabila problem tersebut di biarkan tidak diteliti dan keuntungan-keuntungan apa yang kiranya diperoleh apabila problem tersebut diteliti, perlu pula di uraikan secara terang wacana kedudukan problem yang hendak di teliti itu dalam wilayah bidang yang di tekuni, untuk bisa merumuskan problem secara runtut, terang dan tajam. Maka peneliti dituntut untuk bisa membaca dan memaknakan gejala-gejala yang muncul. Ini merupakan alasan lain mengapa penelaahan terhadap jurnal-jurnal hasil penelitian terdahulu yang terkait harus semenjak awal di lakukan.

Di pihak lain latar belakang problem dalam penelitian di sajikan mengenai keadaan atau nyata yang menarik perhatian penulis untuk di teliti. Dalam penyajian fakta atau keadaan, penulis bisa menyajikan data dalam bentuk tabel, angka presentase atau dalam bentuk narasi biasa. Fakta-fakta yang di tampilkan (dalam bentuk tabel, angka persentase) sebaiknya mewakili komunitas atau kelompok populasi yang hendak di teliti untuk lebih menjelaskan permasalahan yang akan di teliti. 

Jadi, dalam latar belakang penelitian ini, peneliti harus melaksanakan analisis masalah, sehingga permasalahan menjadi jelas. Peneliti harus dapat menujukan dan menerangkan adanya suatu penyimpangan dan menuliskan mengapa Masalah tersebut perlu di teliti.

Sumber: Dr.Riduwan, M.B.A

Histats