MODEL PEMBELAJARAN INSIDE – OUTSIDE – CIRCLE (LINGKARAN BESAR – LINGKARAN KECIL)
Teknik mengajar bulat besar dan bulat kecil (inside – outside – circle) dikembangkan oleh Spencer Kagan untuk menunjukkan kesempatan pada siswa biar saling menyebarkan gosip pada dikala yang bersamaan.
Bahan pelajaran yang paling cocok digunakan dengan teknik ini yaitu materi yang membutuhkan pertukaran pikiran dan gosip antar siswa. Salah satu keunggulan teknik ini yaitu adanya struktur yang terperinci yang memungkinkan siswa untuk menyebarkan dengan pasangan yang berbeda dengan singkat danteratur. Selain itu siswa bekerja dengan sesama siswa dalam suasana bersama-sama dan mempunyai banyak kesempatan untuk mengolah gosip dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi.
Langkah-langkah :
1. Separuh kelas (atau seperempat jikalau jumlah siswa terlalu banyak) berdiri membentuk bulat kecil dan menghadap ke luar.
2. Separuh kelas lainnya membentuk bulat diluar bulat pertama menghadap ke dalam.
3. Dua siswa yang berpasangan dari bulat kecil danhttp://www.scribd.com/doc/50827028/73/INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE-LINGKARAN-KECIL-LINGKARAN-BESAR besar menyebarkan informasi. Pertukaran gosip bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
4. Kemudian siswa yang di bulat kecil membisu di tempat, sementara siswa yang di bulat besar bergeser, satu atau dua langkah searah jarum jam.
5. Sekarang giliran siswa berada di bulat besar yang membagi gosip demikian seterusnya.
Siswa saling membagi gosip pada dikala yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur.
Kelebihan :
Mendapatkan gosip yang berbeda pada dikala yang bersamaan.
Kekurangan :
Membutuhkan ruang kelas yang besar.
Terlalu lama sehingga tidak konsentrasi dan disalahgunakan untuk bergurau, juga rumit untuk dilakukan.
Materi yang cocok dengan model pembelajaran.
1. IPA kelas 5 Bab V
Penyesuaian Makhluk Hidup
a. Penyesuaian diri pada hewan
1. Penyesuaian diri untuk memperoleh makanan.
2. Penyesuaian diri untuk melindungi diri dari musuhnya.
b. Penyesuaian diri pada tumbuhan
1. Penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu.
2. Penyesuaian diri untuk melindungi diri dari musuhnya.
Alasan :
Pada pembelajaran dengan menggunakan model outside - inside - circle (lingkaran besar - bulat kecil) ini. Terlebih dahulu guru memberikan gosip dengan menjelaskan isi materi (penyesuaian makhluk hidup). Menurut saya materi adaptasi makhluk hidup sangat cocok untuk model outside - inside - circle (lingkaran besar - bulat kecil). Karena materi ini sering ditemui anak dalam kehidupan sehari-hari, melalui penjelasan dari guru perihal adaptasi makhluk hidup maka anak memadukan apa yang dilihatnya dalam kehidupan sehari-hari dengan gosip yang disampaikan oleh guru, sehingga pada dikala anak membentuk bulat besar dan bulat kecil yang selanjutnya anak akan memberikan informasi, anak mudah mengingat gosip yang akan beliau sampaikan kepada sobat pasangannya, materi ini juga memiliki cakupan isi/materi yang cukup banyak sehingga memudahkan guru untuk membagi materi sesuai dengan siswa yang membentuk lingkaran, karna masing masing-masing anak membawa gosip yang berbeda untuk sobat pasangannya.
2. IPA Kelas 5 Bab XIV
Sumber Daya Alam
a. Sumber Daya Alam di Lingkungan Sekitar
1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui
2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
b. Penggunaan Sumber Daya Alam
1. Mineral
2. Kegiatan insan yang mengubah permukaan bumi
Alasan :
Pada pembelajaran menggunakan model outside - inside - circle (lingkaran besar - bulat kecil). saya materi ini cocok untuk model inside (outside - circle) (lingkaran besar - bulat kecil) alasannya yaitu materinya dapat dikembangkan oleh anak berdasarkan pengetahuan dan pengalaman mereka. Misalnya : materi perihal acara insan yang mengubah permukaan bumi, jikalau guru menggunakan soal pertanyaan dalam pertukaran pikiran dan gosip untuk setiap anak, maka mempermudah pekerjaan guru dalam membuat pertanyaan, pertanyaan yang sama dapat diberikan kepada beberapa anak, alasannya yaitu kemungkinan balasan yang akan mereka dapat dari sobat pasangannya berbeda. Dengan model pembelajaran outside - inside - circle materi akan mudah dipahami oleh anak alasannya yaitu materi ini dapat disampaikan dengan singkat dan eratur, misalnya berkaitan dengan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, dan tidak dapat diperbaharui, sehingga dengan model pembelajaran outside - inside - circle ini cakupan materi yang cukup luas dapat dipahami dan dikembangkan oleh anak.
3. Pendidikan kewarganegaraan kls XI Semester II
Pentingnya nilai dalam kehidupan
Pentingnya nilai dalam kehidupan bangsa
Pancasila sebagai sumber nilai
a. Pancasila sebagai sumber nilai hokum
b. Pancasila sebagai sumber nilai etik
Menurut saya materi ini cocok dan bias digunakan dalam model pembelajaran IOC dikarnakan materi yang disampaikan tidak terlalu sulit dan melatih tingkat pemikiran siswa karna yang dibahas dalam materi ini menyangkut kehidupan sehari-hari dan bangsa.
Contoh RPP model pembelajaran ini :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
Model pembelajaran IOC
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / semester : XI / (dua)
Hari / tanggal :
Alokasi Waktu : 2 JP x 40 menit
St standar Kompetisi :
Menganalisis pentingnya nilai dalam kehidupan
K kompetisi Dasar :
Mendiskripsikan pentingnya nilai dalam kehidupan bangsa
Mendeskripsiskan pancasila sebagai sumber nilai
Mendeskripsikan nilai pancasila sebagai sumber norma hokum
Mendeskripsikan nilai pancasila sebagai sumber norma etik
A. Indikator :
Menjelaskan pentingnya nilai pancasila dalam kehidupan
B. Tujuan pembelajaran :
1. memahami pentingnya nilai dalam kehidupan
2. Mengetahui pentingnya nilai pancasila sebagai norma hukum
3. Mengetahui pentingnya pancasila sebagai sumber nilai etik
C. Materi pembelajaran :
• LKS Pendidikan kewarganegaran untu SMA kelas XI semeeter II
Nilai sosial yaitu nilai yang dianut oleh suatu masyarakat, mengenai apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap buruk oleh masyarakat. Sebagai contoh, orang menanggap menolong memiliki nilai baik, sedangkan mencuri bernilai buruk. Woods mendefinisikan nilai sosial sebagai petunjuk umum yang telah berlangsung lama, yang mengarahkan tingkah laku dan kepuasan dalam kehidupan sehari-hari.
pancasila sebagai dasar negara dan ideologi nasional membawa
konsekuensi logis bahwa nilai-nilai pancasila dijadikan landasan pokok, landasan
fundamental bagi penyelenggaraan negara Indonesia.
Nilai-nilai pancasila selanjutnya dijabarkan dalam banyak sekali peraturan
perundangam yang ada. Perundang-undangan, ketetapan, keputusan, kebijaksanaan
pemerintah, program-program pembangunan, dan peraturan-peraturan lain pada
hakikatnya merupakan nilai instrumental sebagai klasifikasi dari nilai-nilai
dasar pancasila.
Upaya lain dalam mewujudkan pancasila sebagai sumber nilai yaitu dengan
menjadikan nilai dasar Pancasila sebagai sumber pembentukan norma etik (norma
moral) dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Nilai-nilai
pancasila yaitu nilai moral
D. Metode Pembelajaran
1. Kerja kelompok
2. Presentasi
3. Diskusi
4. Tanya jawab
E. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Pendahuluan
1) Salam, sapa dan berdo’a bersama
2) Apersepsi perihal materi
3) Membagi kelompok yng anggotanya 4 orang secara heterogen berdasarkan tingkat kemampuan membaca.
2. Kegiatan Inti
1) Menjelaskan pembagian peran kelompok
2) Guru menunjukkan wacana / kliping sesuai topic pembelajaran
3) Siswa berafiliasi saling membacakan dan menemukan wangsit pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana / kliping dan ditulis pada lembar kerja.
4) Mempresentasikan / membaca hasil kelompok.
3. Kegiatan akhir
1) Guru menyimpulkan materi bersama murid
2) Penutup
F. Sumber materi :
- Buku paket buku paket pendidikan kewarganegaraan kelas XI semester II
- LKS Pendidikan kewarganegaran untu SMA kelas XI semeeter II
- Kliping perihal pentingnya nilai dalm kehidupan berbangsa dan bernegara
G. Penilaian
- Test perbuatan dalam kegiatan
- Tes lisan
Sumber :
www.scribd.com
Bahan pelajaran yang paling cocok digunakan dengan teknik ini yaitu materi yang membutuhkan pertukaran pikiran dan gosip antar siswa. Salah satu keunggulan teknik ini yaitu adanya struktur yang terperinci yang memungkinkan siswa untuk menyebarkan dengan pasangan yang berbeda dengan singkat danteratur. Selain itu siswa bekerja dengan sesama siswa dalam suasana bersama-sama dan mempunyai banyak kesempatan untuk mengolah gosip dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi.
Langkah-langkah :
1. Separuh kelas (atau seperempat jikalau jumlah siswa terlalu banyak) berdiri membentuk bulat kecil dan menghadap ke luar.
2. Separuh kelas lainnya membentuk bulat diluar bulat pertama menghadap ke dalam.
3. Dua siswa yang berpasangan dari bulat kecil danhttp://www.scribd.com/doc/50827028/73/INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE-LINGKARAN-KECIL-LINGKARAN-BESAR besar menyebarkan informasi. Pertukaran gosip bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
4. Kemudian siswa yang di bulat kecil membisu di tempat, sementara siswa yang di bulat besar bergeser, satu atau dua langkah searah jarum jam.
5. Sekarang giliran siswa berada di bulat besar yang membagi gosip demikian seterusnya.
Siswa saling membagi gosip pada dikala yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur.
Kelebihan :
Mendapatkan gosip yang berbeda pada dikala yang bersamaan.
Kekurangan :
Membutuhkan ruang kelas yang besar.
Terlalu lama sehingga tidak konsentrasi dan disalahgunakan untuk bergurau, juga rumit untuk dilakukan.
Materi yang cocok dengan model pembelajaran.
1. IPA kelas 5 Bab V
Penyesuaian Makhluk Hidup
a. Penyesuaian diri pada hewan
1. Penyesuaian diri untuk memperoleh makanan.
2. Penyesuaian diri untuk melindungi diri dari musuhnya.
b. Penyesuaian diri pada tumbuhan
1. Penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu.
2. Penyesuaian diri untuk melindungi diri dari musuhnya.
Alasan :
Pada pembelajaran dengan menggunakan model outside - inside - circle (lingkaran besar - bulat kecil) ini. Terlebih dahulu guru memberikan gosip dengan menjelaskan isi materi (penyesuaian makhluk hidup). Menurut saya materi adaptasi makhluk hidup sangat cocok untuk model outside - inside - circle (lingkaran besar - bulat kecil). Karena materi ini sering ditemui anak dalam kehidupan sehari-hari, melalui penjelasan dari guru perihal adaptasi makhluk hidup maka anak memadukan apa yang dilihatnya dalam kehidupan sehari-hari dengan gosip yang disampaikan oleh guru, sehingga pada dikala anak membentuk bulat besar dan bulat kecil yang selanjutnya anak akan memberikan informasi, anak mudah mengingat gosip yang akan beliau sampaikan kepada sobat pasangannya, materi ini juga memiliki cakupan isi/materi yang cukup banyak sehingga memudahkan guru untuk membagi materi sesuai dengan siswa yang membentuk lingkaran, karna masing masing-masing anak membawa gosip yang berbeda untuk sobat pasangannya.
2. IPA Kelas 5 Bab XIV
Sumber Daya Alam
a. Sumber Daya Alam di Lingkungan Sekitar
1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui
2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
b. Penggunaan Sumber Daya Alam
1. Mineral
2. Kegiatan insan yang mengubah permukaan bumi
Alasan :
Pada pembelajaran menggunakan model outside - inside - circle (lingkaran besar - bulat kecil). saya materi ini cocok untuk model inside (outside - circle) (lingkaran besar - bulat kecil) alasannya yaitu materinya dapat dikembangkan oleh anak berdasarkan pengetahuan dan pengalaman mereka. Misalnya : materi perihal acara insan yang mengubah permukaan bumi, jikalau guru menggunakan soal pertanyaan dalam pertukaran pikiran dan gosip untuk setiap anak, maka mempermudah pekerjaan guru dalam membuat pertanyaan, pertanyaan yang sama dapat diberikan kepada beberapa anak, alasannya yaitu kemungkinan balasan yang akan mereka dapat dari sobat pasangannya berbeda. Dengan model pembelajaran outside - inside - circle materi akan mudah dipahami oleh anak alasannya yaitu materi ini dapat disampaikan dengan singkat dan eratur, misalnya berkaitan dengan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, dan tidak dapat diperbaharui, sehingga dengan model pembelajaran outside - inside - circle ini cakupan materi yang cukup luas dapat dipahami dan dikembangkan oleh anak.
3. Pendidikan kewarganegaraan kls XI Semester II
Pentingnya nilai dalam kehidupan
Pentingnya nilai dalam kehidupan bangsa
Pancasila sebagai sumber nilai
a. Pancasila sebagai sumber nilai hokum
b. Pancasila sebagai sumber nilai etik
Menurut saya materi ini cocok dan bias digunakan dalam model pembelajaran IOC dikarnakan materi yang disampaikan tidak terlalu sulit dan melatih tingkat pemikiran siswa karna yang dibahas dalam materi ini menyangkut kehidupan sehari-hari dan bangsa.
Contoh RPP model pembelajaran ini :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
Model pembelajaran IOC
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / semester : XI / (dua)
Hari / tanggal :
Alokasi Waktu : 2 JP x 40 menit
St standar Kompetisi :
Menganalisis pentingnya nilai dalam kehidupan
K kompetisi Dasar :
Mendiskripsikan pentingnya nilai dalam kehidupan bangsa
Mendeskripsiskan pancasila sebagai sumber nilai
Mendeskripsikan nilai pancasila sebagai sumber norma hokum
Mendeskripsikan nilai pancasila sebagai sumber norma etik
A. Indikator :
Menjelaskan pentingnya nilai pancasila dalam kehidupan
B. Tujuan pembelajaran :
1. memahami pentingnya nilai dalam kehidupan
2. Mengetahui pentingnya nilai pancasila sebagai norma hukum
3. Mengetahui pentingnya pancasila sebagai sumber nilai etik
C. Materi pembelajaran :
• LKS Pendidikan kewarganegaran untu SMA kelas XI semeeter II
Nilai sosial yaitu nilai yang dianut oleh suatu masyarakat, mengenai apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap buruk oleh masyarakat. Sebagai contoh, orang menanggap menolong memiliki nilai baik, sedangkan mencuri bernilai buruk. Woods mendefinisikan nilai sosial sebagai petunjuk umum yang telah berlangsung lama, yang mengarahkan tingkah laku dan kepuasan dalam kehidupan sehari-hari.
pancasila sebagai dasar negara dan ideologi nasional membawa
konsekuensi logis bahwa nilai-nilai pancasila dijadikan landasan pokok, landasan
fundamental bagi penyelenggaraan negara Indonesia.
Nilai-nilai pancasila selanjutnya dijabarkan dalam banyak sekali peraturan
perundangam yang ada. Perundang-undangan, ketetapan, keputusan, kebijaksanaan
pemerintah, program-program pembangunan, dan peraturan-peraturan lain pada
hakikatnya merupakan nilai instrumental sebagai klasifikasi dari nilai-nilai
dasar pancasila.
Upaya lain dalam mewujudkan pancasila sebagai sumber nilai yaitu dengan
menjadikan nilai dasar Pancasila sebagai sumber pembentukan norma etik (norma
moral) dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Nilai-nilai
pancasila yaitu nilai moral
D. Metode Pembelajaran
1. Kerja kelompok
2. Presentasi
3. Diskusi
4. Tanya jawab
E. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Pendahuluan
1) Salam, sapa dan berdo’a bersama
2) Apersepsi perihal materi
3) Membagi kelompok yng anggotanya 4 orang secara heterogen berdasarkan tingkat kemampuan membaca.
2. Kegiatan Inti
1) Menjelaskan pembagian peran kelompok
2) Guru menunjukkan wacana / kliping sesuai topic pembelajaran
3) Siswa berafiliasi saling membacakan dan menemukan wangsit pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana / kliping dan ditulis pada lembar kerja.
4) Mempresentasikan / membaca hasil kelompok.
3. Kegiatan akhir
1) Guru menyimpulkan materi bersama murid
2) Penutup
F. Sumber materi :
- Buku paket buku paket pendidikan kewarganegaraan kelas XI semester II
- LKS Pendidikan kewarganegaran untu SMA kelas XI semeeter II
- Kliping perihal pentingnya nilai dalm kehidupan berbangsa dan bernegara
G. Penilaian
- Test perbuatan dalam kegiatan
- Tes lisan
Sumber :
www.scribd.com