Iklan Infeed Image Above

Bagaimana Cara Menghitung Masa Subur Pada Wanita Untuk Hamil

Bagaimana Cara Menghitung Masa Subur Pada Wanita Untuk Hamil
 Menghitung Masa Subur Pada Wanita Untuk Hamil
Program kehamilan hanya akan terjadi kalau pembuahan terjadi pada ketika wanita sedang masa subur. Bila wanita sedang tidak subur meski 1000 kali kekerabatan intim dipastikan tidak akan terjadi pembuahan atau sperma bertemu dengan sel telur.

Secara umum masa subur dapat dikatakan sebagai waktu terjadi ovulasi atau proses pelepasan sel telur matang dari indung telur ke tuba falopi. Bila sel telur matang maka pembuahan akan lebih mungkin mampu terjadi.

Masa subur ini penting dan harus diketahui keduabelah pihak baik istri maupun suami. Bila salah satu ada yang menutup-nutupi maka aktivitas yang dirancang jauh-jauh hari akan menjadi sia-sia.

Untuk itu penting kiranya tiap wanita mampu menghitung masa subur dengan baik. Bika perhitungan akurat maka tingkat keberhasilan dalam pembuahan akan jauh lebih besar pula.

Menghitung masa subur dapat menggunakan beberapa cara antara lain :

  • Perhitungan Kalender

Hitung kalender ini ialah yang paling popular dan paling mudah dilakukan. Berbekal kapan tahu hari terakhir menstruasi maka masa subur akan pribadi diketahui. Catatan yang perlu diperhatikan ialah siklus mens teratur 28 hari.

Masa subur wanita ialah hari ke-12 sampai ke-16 dengan puncaknya hari ke-14. Sebagai pola kalau hari terakhir mens ialah tanggal 5 maka masa subur akan terjadi pada tanggal 17 sampai 21 pada bulan yang sama.

Lain halnya kalau terjadi pada wanita yang siklus haidnya tidak teratur. Maka yang mampu dilakukan ialah membuat rata-rata dalam waktu 6 bulan terakhir. Namun demikian prinsip yang digunakan tetap sama saja.


  • Menggunakan Kit Ovulasi

Alat ini sangat praktis dan mudah digunakan semudah menggunakan alat tes kehamilan. Caranya pun sama yakni dengan meneteskan air seni kemudian melihat indikator yang muncul. Hebatnya lagi tingkat keberhasilan alat ini mencapai 90 sampai 95 persen.


  • Pengukuran Suhu basal

Suhu basal ialah suhu dasar badan dalam keadaan istirahat total. Hal ini mampu dilakukan sesaat berdiri tidur atau sebelum melaksanakan aktifitas apapun. Seorang wanita yang sedang masuk masa subur ditandai dengan peningkatan suhu antara 0,2 sampai 0,5 derajat Celcius. Tingkat keberhasilan ini mencapai 80 persen.

Demikianlah cara menghitung masa subur pada wanita sehingga mampu menunjukkan peluang yang lebih besar untuk mampu hami dan bagi pasangan yang belum mendapatkan momongan.

Jangan lupa untuk membaca postingan artikel dibawah ini :

Histats